Rawat alat makeup agar tak cepat rusak


WANITA 
identik dengan alat rias, kosmetik atau make up. Layaknya seperti makanan, make up atau kosmetik pun memiliki masa kedaluwarsa. Untuk bisa dimanfaatkan secara maksimal, make up perlu dijaga dan Anda harus tahu kapan waktunya untuk mengucapkan selamat tinggal padanya. Berikut saran dari Maria Verel, penata rias yang sering menangani selebiritis Hollywood papan atas, seperti Diane Sawyer, Nora Ephron, bahkan Hillary Clinton.

Perhatikan tempat penyimpanannya
Sebaiknya simpan make up di tempat yang kering dan sejuk. Jangan pernah menyimpan kosmetik di rak dalam kamar mandi yang lembab. Untuk mempertahankan bentuk dan kekentalan/kepadatannya, make up diperkaya dengan zat tertentu, karenanya, jika terkena udara lembap atau panas, zat tersebut bisa meleleh.

Usahakan make up berada di tas yang tidak bercampur aduk. Jangan pula membawa make up dalam tas yang Anda tahu akan berada dalam suhu panas, misal ditinggal dalam mobil atau dibawa ke pantai. Jika zat tersebut sempat meleleh, ia bisa kehilangan konsistensinya, termasuk fungsinya.

Jaga kebersihannya
Bahkan alat rias termahal pun bisa rusak jika dalam keadaan kotor. Idealnya, kuas sintetis dibersihkan setiap dua hari sekali. Cara yang dilakukan Verel adalah membersihkannya dengan cairan penghapus make up mata atau dicuci dengan sabun pencuci wajah. Jika Anda sering menggunakan satu kuas yang sama untuk warna berbeda, amat disarankan untuk mencucinya sebelum digunakan lagi, karena bisa memunculkan warna yang tak diinginkan jika warna sebelumnya masih menempel.

Sementara, jika Anda memiliki kuas dengan bulu alami, Anda cukup mencucinya sekali sebulan, tentu disesuaikan pula dengan tingkat intensitas pemakaiannya. Untuk membersihkannya, bisa menggunakan shampo khusus bayi, lalu dibilas dengan air hangat yang mengalir, kemudian celupkan ke dalam larutan alkohol dan air. Lap dengan kain/handuk bersih, dan biarkan mengering alami.

Mempertahankan kondisi
Untuk alat-alat make up tertentu, seperti serutan untuk lipstik pensil atau pensil mata, akan lebih tahan lama jika yang diserut dalam keadaan cukup keras dan tidak lembek. Maka, ketika Anda sudah mulai melihat pensil alis atau lipstik pensil lembek, coba masukkan ke dalam lemari pendingin selama setengah jam sebelum diserut.

Ucapkan selamat tinggal
Cara termudah untuk mengetahui apakah produk masih baik atau tidak adalah dengan mencoba membauinya. Jika mulai tercium bau yang asing, entah itu pada lipstik atau produk krim, sebaiknya segera dibuang. Begitupun dengan pewarna kuku yang berbau tajam, atau foundation yang tidak mengental meski sudah dikocok. Agar terhindar dari masalah di sekitar mata, disarankan untuk selalu membuang maskara setelah 3 bulan sejak pertama kali dibuka.
Keep Smart Girl..

 

Salam gadisbutik.com


Tips n Trik

0 Komentar

Berikan komentar anda

Copyright © 2018 E-Market - All rights reserved. Power by esoftplay.com